Call Center DAMRI


Bagi yang sering bepergian dengan bus, hampir bisa dipastikan sudah mengenal DAMRI, atau mungkin pernah menggunakan jasa DAMRI. Bukan hanya melayani antarkota antarprovinsi, DAMRI juga sudah melayani perjalanan untuk lintas kabupaten. Tulisan berikut ini akan membahas mengenai DAMRI termasuk call center DAMRI yang dapat dihubungi ketika dibutuhkan.

DAMRI


Ada yang belum tahu kepanjangan dari DAMRI? Kepanjangan DAMRI adalah Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (ditulis dalam versi ejaan lama). Jika ditulis dengan EYD menjadi Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia.

DAMRI dibentuk pada 25 November 1946. DAMRI mempunyai tugas utama menyediakan angkutan penumpang dan barang menggunakan kendaraan bermotor melalui jalur darat. Sampai saat ini nama DAMRI masih sebagai brand dari perusahaan umum yang menjadi Badan Usaha Milik Negara ini. Berikut timeline dari perjalanan DAMRI:

1943

Pada zaman itu ada dua usaha angkutan yang sudah berjalan, yakni Jawa Unyu Zigyosha dan Zidosha Sokyoku. Jawa Unyu Zigyosha fokus pada angkutan barang menggunakan gerobak, cikar, atau truk. Sedangkan Zidosha Sokyoku fokus pada angkutan penumpang dengan bus atau kendaraan bermotor lainnya.

1945

Dua tahun kemudian, Jawa Unyu Zigyosha berubah namanya menjadi Djawatan Pengangkoetan, khusus untuk barang. Zidosha Sokyoku berubah menjadi Djawatan Angkoetan Darat, khusus untuk penumpang. Departemen Perhubungan RI menjadi pengelola keduanya.

1946

Berdasarkan Maklumat Menteri Perhubungan RI No.01/DAM/46, kedua jawatan itu digabungkan. Tepatnya pada 25 November 1946, resmi terbentuk Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia yang disingkat DAMRI.

Tugasnya sebagai angkutan membuat DAMRI berperan aktif perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan agresi militer Belanda di Jawa.

1961

Merujuk pada PP No. 233 tahun 1961, status DAMRI berubah menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN).

1965

Terjadi perubahan status, dari BPUPN menjadi Perusahaan Negara (PN).

1984

Pada tahun ini DAMRI berubah lagi statusnya menjadi Perusahaan Umum (PERUM) yang didasarkan dari Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1984.

2002

Berdasarkan PP No. 31 Tahun 2002, DAMRI bertugas melaksanakan jasa angkutan umum untuk penumpang maupun barang barang menggunakan kendaraan bermotor. Hal tersebut berkelanjutan hingga kini.\

Sekarang DAMRI merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah di bawah pengelolaan Kementerian BUMN.

Segmen yang Dilayani DAMRI

Segmen-segmen yang dilayani DAMRI antara lain:

Angkutan Kota

Sesuai dengan namanya, angkutan ini melayani kebutuhan transportasi masyarakat perkotaan, entah itu regular maupun BRT.

Angkutan Antarkota

Ada 2 jenis bus, yaitu bus untuk AKDP dan AKAP. Saat ini sudah ada 34 kantor cabang yang melayani angkutan antarkota.

Angkutan Antarlintas Batas Negara

Untuk angkutan ini, baru tersedia dari Pontianak sampai Kuching dan Bandar Seri Begawan. Selain itu, saat ini juga tengah dirintis untuk trayek menuju Timor Leste, Papua Nugini, dan perbatasan Atambua.

Angkutan Pemadu Moda

Sebagai angkutan yang melayani trayek dari dan menuju bandara. Saat ini sudah terdapat di 22 kota. Layanan terbesar dimiliki oleh angkutan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, dengan dukungan 27 trayek dan 270 armada.

Angkutan Travel/Pariwisata

Khusus untuk travel maupun pariwisata menggunakan bus besar dan minibus. Bersama Kementerian Ketenagakerjaan juga melayani pengangkutan TKI dari Bandara Soetta menuju daerah asalnya.

Angkutan Penugasan Pemerintah

Angkutan ini digunakan untuk melayani daerah terpencil yang belum tersentuh oleh perusahaan angkutan lainnya. Tujuannya tentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait transportasi sehingga mobilitas semakin mudah.

Angkutan Logistik

Digunakan khusus sebagai pengiriman barang menggunakan truk. Kerja sama yang dilakukan dengan PT POS Indonesia melayani tujuan Medan, Dumai, Surabaya, dan Mataram, melalui jalur primer dan juga sekunder. Selain itu, juga diperuntukkan sebagai terusan dari Kereta Api Logistik dan pihak swasta yang bekerja sama dengan DAMRI.

DAMRI Hari Ini

Sejak beberapa tahun terakhir, pendapatan DAMRI paling banyak didapatkan dari rute Jakarta-Lampung dan Bandara Soekarno-Hatta. Tidak heran jika kedua trayek tersebut menjadi andalan Perum DAMRI untuk pendapatan.

Ketika  musim arus mudik dan balik pada idul fitri kemarin, DAMRI berhasil mengangkut sejumlah 205.000 pemudik dengan 844 armada. Selain itu, sebuah penghargaan diperoleh Perum DAMRI sebagai peringkat 1 kategori perusahaan BUMN.

Alamat DAMRI

Adapun untuk alamat Kantor pusat DAMRI beralamat di Jl. Matraman Raya No. 25, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13140.

Call Center DAMRI


Jika Anda ingin menghubungi DAMRI melalui telepon, dapat melalui call center DAMRI 1500-825. Anda dapat menghubungi call center  setiap hari mulai pukul 07:00 sampai dengan 22:00 WIB. Pilihan lainnya, ikuti media sosial DAMRI dan menghubungi pihak DAMRI melalui media sosial tersebut. Untuk info lebih lanjut Anda dapat menghubungi call center DAMRI atau kunjungi www.damri.co.id

Demikian ulasan mengenai call center Perum DAMRI yang telah ada sejak tahun 1945. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "Call Center DAMRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel